Senin, 01 Februari 2016

konsep ketuhanan menurut agama islam dan yahudi

KATA PENGANTAR
            Segala puji bagi Allah SWT tuhan sekalian alam. Selawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW, keluarga, sahabatnya, serta pengikutnya yang setia mengikuti tuntunannya.                     
            Alhamdulillah pemakalah dari tugas mata kuliah Bahasa Indonesia tentang  Konsep Ketuhanan Agama Islam dan Agama Yahudi telah dapat diselesaikan, dengan ini saya mengucapkan banyak terima kasih khusus kepada ustad Drs. Muh. Fajar Pramono, M.Si dan segenap teman-teman yang berada di prodi perbandingan agama angkatan 2015 yang mana telah banyak membantu saya dan memberikan saran dalam pembuatan pemakalahan kali ini. Semoga menjadi awal langkah yang baik dan semoga kebaikan dan pretasi senang sentiasa mengiringi kita semua sehingga akhir hayat kita.
                                                                                                   Siman,28/11/2015.   








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................1
DAFTAR ISI................................................................................................2
BAB I: PENDAHULUAN...........................................................................3
            1.1. Latar belakang.............................................................................3
            1.2. Rumusan masalah Berdasarkan latar belakang...........................5
            1.3. Tujuan penulisan.........................................................................5
            1.4. Manfaat penulisan.......................................................................5
BAB II: PEMBAHASAN............................................................................6
            2.1. Definisi Agama...........................................................................6
                          2.1.1.Pengertian Islam secara Umum..................................7
                          2.1.2.Pengertian Yahudi  Secara Umum..............................8
         2.2. Konsep  ketuahanan Yahudi................................................................9
                          2.2.1. Yahuah dan tingkat penyembahanya.........................10
                          2.2.2. Sifat –sifat yahuah.....................................................10
            2.3. konsep ketuhanan menurut agama Islam.....................................11
                          2.3.1. Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah, dan Tauhid As’ma wa      Sifat................................................................................................................12
BAB III: PENUTUP.....................................................................................15
            Kesimpulan..........................................................................................15
            Saran...................................................................................................15
            Penutup..............................................................................................16
DAFTAR PUSAKA.....................................................................................17                   


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
Agama-agama samawi yang kita tahu sihigga sekarang ialah Agama, Yahudi, Agama Kristian, dan Agama Islam. Pada dasarnya agama- agama mempunyai satu tujuan yaitu sebagai agama tauhid pada awalnya. Tetapi pada akhirnya agama Yahudi dan agama Kristian telah di rusakkan oleh tangan mereka sendiri, pada dasarnaya agama Kristian berasal dari agama Yahudi. Nabi  Musa diutuskan untuk untuk menjadi nabi bani Israel yang menyampaikan hukum taurat, sedangkan Nabi Isa pula di utuskan untuk menyelamatkan Bani Israel dari kesesatan yang telah lama dilakukan oleh kaum tersebut. Maka dikeranakan agama Yahudi dahulu adanya dari agama Kristian maka dalam pemakalah kali ini saya akan membawa kita akan membahas konsep ketuhanan Agama Yahudi dan Agama Islam.
Agama Yahudi bukanlah asal dari satu perkataan yang khusus untuk agama tersebut, tetapi Yahudi berasal dari nama sekelompok kaum yang di sebut bangsa Yahudi ataupun Bani Israel atau anak cucu nabi Ya’kub. Israel merupakan gelaran pada nabi Ya’kub.
Awal munculnya kaum Yahudi bermulai dari zaman silam Yahudi[1]:
1.      Zaman awal para ketua pemimpin kaum:
Zaman ini merupakan zaman pengasas atau pemimpin yang terawal dalam sejarah Yahudi. Zaman ini boleh dikategori kepada beberapa peringkat bermula dari zaman Abraham (ibrahim), Isaac, Ya’kub,dan akhirnya Musa.
2.       Zaman Ibrahim:
Lebih kurang pada tahun 2000 SM, Ibrahim telah di lahirkan di kota Ur dari keturunan. Ajaran agama Ibrahim yang di bawa amatlah bertentang dengan carahidup pada zaman itu, ibrahim dan para pengikutnya tidak terlepas dari penganayaan dan penindasan dan akhirnya mereka berpindah ke Kana’an (palestina) dengan menyeberangi sungai Furat oleh kerana itu mereka digelar sebagai Ibrani (penyeberang atau berpidah).
3.      Zamaan Isaac dan Ya’kub:
Setelah Ibrahim meninggal,tanggung jawab memimpin kaum Yahudi adalah Isaac putera beliau, dan setelah Isaac meninggal diganti dengan Ya’kub, pada saat ini perkataan Israel dipakai buat pertama kalinya. Kemudian lahirlah 12 keturunan Israel dan perkembangan mereka begitu pasat sekali maka dari itulah dinamakan sebagai Bani Israel (anak cucu Israel.
            Sedang agama Islam pula berasal dari arab yaitu dar kaum Quraisy. Agama Islam dalah agama yang terakhir dan sebaik-baik agama dan tiada keraguan di dalamnya dari zaman datangnya islam sehingga sekarang. Agama Islam menurut pandangan orang Islam sendiri adalah agama yang terakhir dan agama yang hakiki datang dari tuhan dan agama Islam dapat diterima oleh akal pada setiap zaman dan setiap generasi.
            Agama islam datang bersama Nabi Muhammad S.A.W,dan ianya berlainan dengan agama-agama samawi yang lain, kerana agama-agama sebelumnya diturunkan untuk membawa sebahagian kelompok (kaum) kejalan yang benar. Contohnya agama Yahudi ianya khusus untuk kaum Yahudi dan agama Kristian hanyalah untuk orang Nasrani. Sedangkan agama Islam pula diturunkan untuk ummat manusia yang ada di alam ini.
 Makanya pentingnya pembahasan di dalam pemakalahan kali ini kita dapat mengetahui atau mendalami dua agama tersebut dan boleh mengetahui akan kebenaran. Dalam mengkaji dan mempelajari kitab –kitab suci mereka.    

1.2.Rumusan masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka makalah ini memfokuskan pembahasan pada:
a.       Apa yang dimaksudkan dengan definisi agama.
b.      Bagaimana konsep ketuhanan menurut Yahudi.
c.       Bagaimana konsep ketuhanan menurut Islam.
d.      Bagaimana tanggapan atau sikap orang Yahudi terhadap tuhan mereka.
e.       Bagaimana tanggapan atau sikap orang Islam terhadap tuhan mereka.

1.3. Tujuan penulisan
a.Bisa membaca dan mengetahui apa itu definisi agama.
b.Bisa mengetahui konsep ketuhanan menurut agama Yahudi.
c.Bisa mengetahui konsep ketuhanan Islam.
d.Dapat mengetahui kebenaran yang ada dalam dasar agama tersebut.
e.Dapat memperkukuhkan lagi akan keparcayaan atau keimanan kita kepada tuhan bagi alam ini (Allah).

1.4. Manfaat penulisan
Dalam penulisan atau pembahasan ini kita bisa memperkembangkan pengetahuan   kita sendiri dan orang lain yang membacanya dan bisa mengetahui hakikat kebenaran agama. Dengan pembahsan kali ini juga bisa meningkatkan pengetahuan bagi  seluruh untuk meningkatkan pengetahuan mereka sendiri terhadap suatu agama, dan dapat pemperkayakan khazanah pengetahuan kita dalam pembelajaran.
Dan dari penulisan ini kita bisa mengambil kebijakan dalam beragama, agar apa pilihan yang kita pilih dan apa yang kita lakukan menjadi kebenaran dan bermanfaat bagi kehidupan kita.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Definisi Agama
            Defini agama iaitu: yang pertama kepercayaan pada tuhan dan sifat-sifat serta kekuasaan tuhan dan penerimaan ajaran dan perintah-Nya, kepercayaan pada yang maha kuasa dan keduanya pula ialah kepercayaan pada sesuatu dewa dan lain-lain (yang dipuja dan sebagainya yang dianggap sebagai sesuatu yang amat berkuasa.
            Menurut penelitian Dr. Haji Orang Kaya Rahmat, perkataan agama yang digunakan dalam Bahasa Malaysia pada hari ini adalah berasal dari Bahasa Sanskrit yang bermaksud keadaan yang teratur , kerana asalnya perkataan ini membawa maksud daripada gabungan dua kalimat, yaitu “a”  yang bermaksud “tidak” dan kalimat “gama” yang bermaksud “kacau”.  Oleh kerana itu ianya menjadi maksud “tidak kacau” di sini membawa maksud bahawa agama mengatur kehidupan manusia dan menyusunnya agar sentiasa aman dan harmoni.
      Ciri-ciri umum agama:
a.       Mempercayai akan kewujudan tuhan yang sangat berkuasa.
b.      Adanya sekumpulan pengikut yang mempercayai agama tersebut.
c.       Setia agama dianggap sebagai satu cara hidup yang lengkap dan sempurna oleh setiap pengikut.
d.      Agama dianggap sebagai suatu sistem kepercayaan, falsafah dan pandangan sarwa atau worldview para penganutnya masing-masing.
e.       Setiap agama mempunyai kitab suci yang dianggap sebagai sumber rujukan utama.
f.       Setiap agama didunia ini mempunyai hari suci atau perayaan tertentu.
g.      Setiap agama di dunia ini mempunyai tempat- tempat suci .
h.      Kebanyakan agama mempunyai bahasa yang khusus atau bahasa rasmi yang digunakan oleh para penganutnya.
i.        Kebanyakan penganut atau pengikut agama di dunia ini mempercayai kewujudan hari pembalasan.
j.        Kebanyakan agama mempunyai sistem perundangan mereka yang tersendiri dalam menentukan baik dan buruk atau halal dan haramnya sesuatu benda atau tindakan.

             2.1.1.Pengertian Islam secara Umum:
                        Islam adalah agama Allah yang diwahyukan kepada para rasul-Nya sejak nabi Adam , Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan seterusnya sampai kepada nabi penutup Muhammad S.A.W, umat Islam meyakini dengan sepenuh hati bahawa kesemua nabi yang diutuskan oleh Allah mempunyai satu bawaan yang sama yaitu akidah dan ketauhidan Allah S.W.T secara total (mutlak). Konsep tauhid ini tidak sekali-kali bisa dikompromikan sepertimana yang berlaku kepada agama kristian yang beriman dengan secara doktrin Trinitas “Tiga yang Esa dan Esa yang Tiga”
Selain daripada itu, umat Islam meyakini bahawa Islam merupakan satu-satunya al-Din (Agama) yang datang dari Allah S.W.T dalam surah Ali-Imran , ayat 19:

إِنَّ الدّينِ عِنْدَ اللهِ الإِسْلَامُ(ال عمران:19)

Artinya:
Sesungguhnya agama yang diredhoi di sisi Allah ialah Islam. (Ali-Imran:19)
Islam juga merupakan agama fitrah. Ini jelas dinyatakan dalam surah al-Rum ayat 30 yang bermaksud: maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Allah ; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.
2.1.2.Pengertian Yahudi  Secara Umum:  
                        Agama Yahudi adalah konbinasiantara agama dan suku bangsa. Kepercayaan semata-mata dalam agama Yahudi. Di samping itu. Dengan tidak memegang kepada prinsip-prinsip agama Yahudi tidak menjadikan seorang Yahudi kehilangan status Yahudinya definisi Yahudi undang-undang kerajaan Israel tidak termasuk Yahudi termasuk orang Yahudi yang memeluk agama yang lain.
            DALIL-DALIL

إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَى نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِنْ بَعْدِهِ وَأَوْحَيْنَا إِلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَعِيسَى وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَارُونَ وَسُلَيْمَانَ وَآَتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا (.النساء:163)

Artinya:
Sesungguhnya kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudianya, dan kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim , Ismail, Ishak, Ya’kub dan anak-anak cucunya, Isa, Ya’kub, Yunus, Harun, dan Sulaiman. Dan kami memberikan kitab Zabur kepada Daud. (An’nisa: 163) 

شَرَعَ لَكُمْ مِنَ الدِّينِ مَا وَصَّى بِهِ نُوحًا وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى وَعِيسَى أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ (الشورى:13)

Artinya:
Dia telah mensyari’atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dab apa yang telah kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru merekakepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki –Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (Ash-Shura:13)
2.2. Konsep  ketuahanan Yahudi.
             Tuhan yang di sembah oleh Bani Israel  selain Yahuah. Dalam sepanjang dari sejarah tidak pernah hanya menyembah Tuhan yang maha Esa seperti yang diajarkan oleh para Nabi. Kerana kegemaran mereka adalah Tuhan yang berbentuk, bertumbuh, dan mempunyai bilangan atau jumlah. Kepercayaan primitif dan kolot ini menjadi pahaman pokok bagi mereka, walaupun telah ditetapkan pertalian hubungan mereka dengan Nabi Ibrahim dan banyak bilangan nabi yang telah diutuskan kepada mereka. Maka ini telah jelas atas sikap mereka yang keras kepala dan yang selalu murtad dari keimanan yang maha Esa(Allah) menjadi musyrik kepada –Nya (Allah). Justru itu perlulah Allah mengutuskan Nabi-nabinya lagi untuk memperbaiki seruan kepada tauhid dan pengesaan Allah.
            Tetapi mereka beranggapan yang mana banyak Nabi-nabi yang diutuskan kepada mereka  itu kerana mereka adalah umat yang terpilih dan paling dicintai oleh Allah. Maka

قُلْ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ هَادُوا إِن زَعَمْتُمْ أَنَّكُمْ أَوْلِيَاءُ لِلَّهِ مِن دُونِ النَّاسِ فَتَمَنَّوُا الْمَوْتَ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ (الجمعة:6)

Artinya:
Katakan (Muhammad) “ hai orang-orang yang menganut Agama Yahudi, jika kamu mendakwakan bahwa sesungguhnya kalian sajalah kekasih Allah bukan manusia-manusia yang lain, maka mintalah akan kematianmu, jika kamu adalah orang-orang yang benar”.
2.2.1. Yahuah dan tingkat penyembahanya.
            Dalam penulisan kali ini kita akan membahas Tuhan-tuhan Bani Israel:
            Asal kata yahuah .Al ustadz Abbas Mahmud Al- Aqqad berkata , bahwa sesungguhnya perkataan yahuah tidak diketahui dengan tepat dari mana sumberpun, tetapi perkataan ini bisa diambil dari sumber suatu benda yang hidup dan boleh jadi juga ia dimaksudkan dengan suatu panggilan kepada orang ketiga (ghaib); dalam bahasa arab yahuah bearti wahai si dia. Dan maksud yang sama juga telah dipakai oleh Smith tetapi ia menambahkannya:  ada kemungkinan maksudnya membaca arti yang lain ; yaitu perkataan dalam bahasa Ibrani, yang maknanya sama dengan perkataan Lord (tuah). Bahasa Ibrani pada awalnya ditulis tanpa huruf –huruf yang jelas ke dalam bahasa itu , maka perkataan ini Yahuah pun menjadi Yehovah yang ertinya, tuan dan tuhan.               
2.2.2. Sifat –sifat yahuah
            Tentunya bagi tuhan ada pelbagai nama atau sifatnya. Dalam bahasa Arab dipanggil Allah Yang Maha Esa. Dalam Bahasa Inggris sebagai God Dalam bahasa Melayu atau bahasa Indonesia disebut sebagai dengan Tuhan, dan seterusnya. Tetapi apakah perkataan Yahuah itu nama bagi Tuhan pada orang-orang Yahudi atau dalam bahasa Ibraninya?
            Jawabanya tidak, sama sekali tidak kerana sifat-sifat yang disebut oleh orang-orang Yahudi bagi tuhan Yahuah itu jauh berbeda dari sifat-sifat Tuhan bagi pengertian golongan orang-orang yang beragama.
            Will Durant berkata : Ada kemungkinan bahawa tentera Yahudi yang menaklukan negeri-negeri baru, telah terpesona dengan salah satu dari tuhan-tuhan kebangsaan Kan’an , lalu mereka pun mengikuti tata cara orang Kan’an dalam menyembahnya. Dan mereka pula menjadikannya sebagai pula. Terbukti pada zaman 300 SM di kan’an terdapat patung –patung atau tembikar yang bertulisan Yah atau Yahu.
            Yahuah tidak mendakwa dirinya pandai atau pintar dan dia meminta dari Bani Israel untuk nenunjukinya. Tatkala Bani Israel masih berada di Mesir, Tuhan telah membuat keputusan “Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan kubunuh”,[2] tetapi yahuah tidak ingin menjatuhkan hukuman matinya kepada Bani Israel, sebab itu diminta dari bangsa Bani Israel untuk menandai rumah-rumah mereka dengan darah domba yang dikorbankan, kemudian menyapukan darahnya kepada dua tiangpintu dan ambang rumah mereka.[3]
2.3. Konsep ketuhanan menurut agama Islam
            Menurut agama Islam tuhan itu adala yang maha Esa dan dialah segalanya tempat kita memohon pertolongan segala sesuatu dan dia tidak mempunyai ibu dan bapa atau orang tua dan juga dia tidak beranak dan memiliki anak, dengan itu kita bisa ketahu dia yang maha Esa, dan tiada makhluk yang diciptakan olehnya itu setara kekuatannya dengan Allah. Di dalam Al qur’an telah menjelaskan akan ke-Esaan Allah.

                                            بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤﴾

Artinya:
1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.
2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3). Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan.
4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.
2.3.1. Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah, dan Tauhid As’ma wa Sifat.
            Tauhid Rububiyah
            Jawaban dari pertanyaan ini harus dilangkapi dan dijelaskan dengan sejelas-jelasnya. Untuk itu harus mengetahui apa pengertian dari Rabb tersebut yang darinya dibentuk kata rububiah.
            Jadi kata Rabb digunakan dengan penggunaan yang haqiqi dan juga digunakan untuk yang lain secara majazi atau idhafi, dan tidak untuk yang lain. Dari sini maka kita ketahui makna tauhid Rubibiah adalah meniadakan sekutu bagi Allah dalam sifat ketuhanan yang hak yaitu pencipta ,memberi rezeki menguasa dan mengatur, yang dari kelazimannya adalah menghidupkan dan mematikan, memberi dan mencegah, memberi bahaya dan manfaat , memuliakan dan menghina.
            Tauuhid Uluhiyah.
            Sesungguhnya tauhid Uluhiyah adalah bagian yang sangat penting dari akidah mukmin. Sebbab tauhid ini adalah sebuah dari tauhid Rububiyah dan tauhid as’ma wa sifat, maka tanpa tauhid Uluhiyah, maka tauhid Rububiyah dan tauhid as’ma wa kehilangan makna dan faidahnya. Kerana tauhid Uluhiyah membahas seputar mengenal Allah dan ketuhanan-Nya, serta meniadakan sekutu baginya dalam hal itu.
            Adapun tauhid Uluhiyah adalah mengesakan Allah dalam ibadah dengan segala yang disyariatkan-Nya, agar kita beribadah kepada Allah dengan amalan –amalan hati dan anggota badan dan tanpa mempersekutukan Allah  dengan apapun. Tauhid Uluhiyah juga merupakan terpautnya hati kepada Allah, yaitu berupa rasa takut dan penuh harap, seperti menyerahkan diri kepada Allah semata dan menyandarkan segala kehidupan kepadanya. Maka Allah berfirman:

قُلْ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ ﴾ الأنعام: 162-163

Artinya:
“Katakanlah, ‘Sesumgguhnya shalatku ,ibadahku , hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya dan demikianlah itu yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama yang akan menyerahkan diri(kepada Allah).” (Al –An’am: 162-163)
            Tauhid Uluhiyah memang mempunyai peran yang sangat penting dan harus diketahui yaitu seluruh Rasul yang di utuskan semuanya membawa seruan yang sama yaitu “Hai kaum ku sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada tuhan selain Allah. Itu yang terkandung dalam kalimat La ilaha iilallah (tiada tuhan selain Allah).
            Tauhid As’ma wa Sifat.
            Sesunggunya Allah telah menyifati diri-Nya dalam kitabn-Nya dan juga melalui rasulnya dengan sifat-sifat yang tinggi dan memerintahkan agar orang-orang mukmin yang beriman kepadanya menyifati-Nya dengan sifat-sifat itu serta bertawassul dan mendekatkan diri kepada-Nya.
            “Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah mempunyai 99 nama, iaitu 100 kurang satu. Siapa yang menghafalnya akan masuk syurga.” Sahih Bukhari.”[4]
            Karena Allah telah menamai diri-Nya yang indah (asmaul husna), maka wajib beriman kepada nama-nama-Nya dan menerimanya serta memahaminya sebagaimana yang dikehendaki-Nya. Maka, barang siapa yang meniadakan dari-Nya sifat atau nama yang ditetapkan untuk diri-Nya, maka dia telah kufur. Dan barang siapa menyerupakan asma-asma-Nya dan sifat-sifatnya itu dengan nama-nama dan sifat-sifat makhluk, maka dia juga telah kafir atau musyrik. Sebab dia berada diantara mendustakan Allah dan berdusta kepada-Nya, sedangkan keduanya adalah kufur yang hina dan kezaliman yang besar.


















BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
            Berdasarkan pembahasan yang dilakukan di dalam makalah ini kita bisa mendapati mengambil kesimpulan :           
1. Allah telah mengutuskan banyak para nabi kepada kaum Yahudi, tetapi dengan pemahaman premitif yang dijadikan sebagai pegangan pokok mereka. Tetapi mereka menganggap yang mana mereka adalah kaum yang terpilih.
2. Orang Yahudi menganggap tuhan itu mempunyai kelemehan dan tidak bisa membuat apa yang ingin dia lakukan dengan sendiri dan perlu bantuan manusia sebagai makhluk.
3. Menurut agama Islam tuhan itu adala yang maha Esa dan dialah segalanya tempat kita memohon pertolongan segala sesuatu dan dia tidak mempunyai ibu dan bapa atau orang tua dan juga dia tidak beranak dan memiliki anak, dengan itu kita bisa ketahu dia yang maha Esa, dan tiada makhluk yang diciptakan olehnya itu setara kekuatannya dengan Allah.
4. Sesungguhnya agama Islam dan agama Yahudi dari sumber yang sama yaitu dari Allah dengan satu tujuan yaitu ketauhidan, tetapi terpisah dengan disebabkan sikap keras kepala mereka yaitu orang Yahudi sehingga mereka mengsyirikan Allah dan murtad.
Saran
            Berdasarkan pemakalahan diatas maka saran dari saya adalah Agama Islam adalah Agama yang hakiki yang mana ianya amat meletakkan darjat sang Kholik pada darjatnya dan tidak menyamakan dengan darjat makhluk ciptaannya. Dan agama Yahudi amatlah tidak bisa di percayai kerna mereka telah menuhankan sesuatu yang punya kelemahan bahkan ia bisa dikalahkan oleh makhluknya sendiri.
Penutup
            Dari pemakalah kali ini juga kita bisa ketahui yang mana agama Islam amatlah megesakan tuhan (Allah) dan agama Yahudi pula mereka seakan mengejek ke-Esaan tuhan (Yahuah) dengan perkataan dan perbuatan mereka sendiri. Sedangkan kenapa mereka mempercayai tuhan itu (Yahuah) ada, sedangkan tuhan mereka sendiri (Yahuah) mempunyai kelemahan.














DAFTAR PUSAKA


Refrensi
·           Al- Jazairi, Syaikh Abu Bakar. Akidah Mukmin. Pustaka Al-Kautsar Penerbit Buku Islam Utama.
·           Abd Rahman, Mohd Rosmizi
Azdi Wan Rozali, Wan Mohd Fazlur
Abdul Mutalib, Marina Munira
Mohd Ramly, Roslizawati. Agama-agama Di Dunia. Universiti Sains Islam Malaysia.
·         Shalaby, prof. Dr. Ahmad. Perbandingan Agama, Agama Yahudi. Pt bina ilmu. 





  


                                                                                     





[1] Agama-agama dunia , University Sains Islam Malaysia, halaman:55

[2] Old testament: keluaran 12 : 12
[3] Old testament: keluaran 12 : 7
[4] https://bambies.wordpress.com/2014/03/20/asmaul-husna-beserta-dalil-al-quran-dan-artinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar